Uncategorized

Proses Finishing Furniture

Proses Finishing Furniture
Pada umumnya finishing furniture kayu atau plywood ada beberapa macam finishing:

 

1. Melamine

Finishing melamine berguna untuk melapisi serta mempertahankan serat dan warna pada furniture seperti : console table, mirror frame / bingkai kayu, meja makan, meja tamu , kursi makan dll . Pilihan warna bisa disesuaikan dengan keinginan. Bagi yang menyukai warna mengkilap bisa menggunakan finishing glossy, dan bagi yang sebaliknya bisa menggunakan semi gloss ataupun doff

Untuk permukaan kayu yang dilapisi melamine menjadi sangat halus dikarenakan pori-pori kayu tertutup. Pengaplikasiannya dengan cara semprot (spray) atau memakai kuas. Kelemahan melamine adalah bahan ini lebih sulit untuk dilapis ulang karena akan menyebabkan perubahan tingkat gradasi warna dan masih bergantung dengan cuaca di dalam proses pengeringannya walaupun saat ini telah ada obat kimia yang mempercepat pengeringan. Dan juga akan mengeluarkan bau yang menyengat dan perih di mata setelah proses pengecatan.

Bau yang menyengat pada furniture setelah dilakukan pelapisan, membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkan bau tersebut, sebagai antisipasi pada ruangan anda yang akan menggunakan furniture dengan melamine maka buka ruang dan jendela dengan sirkulasi yang lancar sangat diperlukan.

2. Polyurethane (PU)

Polyurethane ini Lebih awet dibandingkan dengan jenis finishing sebelumnya (Melamine) dan lebih tebal lapisan filmnya. Bahan finishing akan membentuk lapisan yang benar-benar menutup permukaan kayu sehingga terbentuk lapisan seperti plastik sehingga membuat kayu tidak alami namun akan terlihat seperti furniture mewah.
Memiliki daya tahan terhadap air dan panas sangat tinggi. Sangat baik untuk finishing produk outdoor, kusen dan pintu luar atau pagar. Proses pengeringannya juga menggunakan bahan kimia cair yang cepat menguap namun tidak bau menyengat seperti melamine.

3. Lacquer / Resin

Menggunakan pencair air murni dan resin yang tertinggal dipermukaan kayu. Hasilnya terlihat seperti ada kaca bening yang menyatu dengan kayu menjadikannya sangat eksklusif dan mewah. Lapisannya tahan air dan goresan. Paling tepat untuk interior rumah mewah pada berapa furniture anda.

4. Cat Duco

Metode penyemprotan cat duco pada permukaan furniture Cocok untuk luxury furniture yang ingin di bentuk sesuai tema dan keinginan, mulai dari klasik, retro, modern hingga contemporary . serat asli tidak bisa dikembalikan lagi. Pengaplikasiannya menggunakan semprot atau kuas dan pengerjaan relatif lebih lama.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *